Ciptakan Dapur Minimalis, Memasak Kini Bisa Dilakukan Hanya dengan 1 Jari

Suara.com - Memasak termasuk kegiatan yang memerlukan bahan dan peralatan. Masing-masing masakan bahkan bisa menggunakan wajan atau panci yang berbeda tergantung dari cara memasaknya.

Di tengah geliat gaya hidup minimalis saat ini, memasak pun sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus memiliki banyak alat di dapur. Produsen alat memasak asal Jerman, Thermomix, menawarkan cara memasak yang cepat hanya dengan satu jari.

Bentuknya yang menyerupai blender, namun dibalut dengan teknologi terkini, Thermomix menjanjikan cara memasak cepat, tapi terjamin kematangannya juga sehat.

"Tinggal atur waktu, suhu, lalu atur kecepatan. Sesudah diatur, lalu memulai masak dengan tombol. Yang sangat paling kita cintai, mesin ini punya keunggulan tanpa gesekan. Kalau pakai blender biasa, dipakai panas. Tapi mesin ini engga, jadinya lebih tahan lama," kata Direktur Thermomix Indonesia Ita Limowa ditemui di kantor Thermomix di Cengkareng, Tangerang, Rabu (10/11/2021).

Thermorix hadirkan alat memasak tanpa ribet. (Dok. Lilis/Suara.com)
Thermomix hadirkan alat memasak tanpa ribet

Mesin tersebut bisa digunakan sebagai blender untuk menghaluskan bumbu hingga menhancurkan gula batu. Ita menambahkan, mata pisau pada wadah blender bisa memutar dalam dua arah berbeda sesuai pengaturan.

Jika diatur untuk berputar ke arah kanan atau searah jarum jam, maka fungsinya bisa untuk memotong daging maupun menghaluskan bumbu, hingga mengupas kentang dan bawang. Sedangkan jika diatur ke arah kiri, mata pisau berfungai untuk mengaduk adonan, seperti saat membuat kue bahkan es krim. Seluruhnya bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik.

"Jadinya mesin ini bisa ditinggal dan ia akan masak sendiri. Mesin ini juga timbangan, blender, juga pencincang. Jadi kalau cincang daging gak usah pakai talenan, bisa juga buat adonan. Buat fermentasi bisa sampai 12 jam. Ini yang namanya all in one chicken jadi semua alat dapur dijadikan satu," ucapnya.

Namun, satu kekurangan dari mesin tersebut, Ina mengungkapkan bahwa Thermomix tidak bisa digunakan untuk memasak makanan yang perlu digoreng dengan banyak minyak. Penggunaan minyak hanya dipakai sekadar untuk tumis ataupun tambahan pada masakan tertentu.

"Karena Thermomix mempromosikan hidup sehat. Kalau pakai minyak sedikit bisa," katanya.

Memasak dengan Thermomix juga diklaim lebih sehat. Karena suhu maksimal pada mesin diatur hanya sampai 120 derajat. Sehingga tidak membuat makanan jadi terlalu matang yang justru menghilangkan nutrisinya, jelas Ina. Selain itu, rata-rata waktu memasak juga tidak terlalu lama.

Sempat 'tidak laku' dipasaran Indonesia saat dibawa pada 2017 lalu, Ina mengungkapkan bahwa Thermomix saat ini telah banyak digunakan oleh ibu rumah tangga hampir di seluruh wilayah Indonesia. Meski begitu, menurutnya, Thermomix juga cocok digunakan bagi yang belum berkeluarga, ataupun keluarga dengan banyak anak, juga dijadikan sebagai hadiah pernikahan.

"Karena anak-anak pun bisa pakai. Tinggal masuk-masukin bahan, pencet, tungguin sampai matang, deh," ujarnya.

Tak perlu khawatir bagi yang tidak bisa memasak, karena mesin tersebut juga dilengkapi akses pada resep dari berbagai negara dan jenis makanan dan minuman. Seperti, gluten free, makanan bayi, hingga makanan vegetarian. Total ada sekitar 75 ribu resep, namun baru 233 resep dalam bahasa Indonesia.

Source : www.suara.com

Author : M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati